Tempat Sewa Domain Gratis Private Whois


Tempat Sewa Domain Gratis Private Whois

Lintas Informatika - Ada banyak penjual domain baik penjual domain lokal maupun penjual domain luar. Namun sampai sekarang saya belum memiliki pengalaman membeli domain dari penjual lokal karena memang belum pernah membeli domain dari penjual domain lokal.

Apa Private Whois Itu ?

Gampangnya private whois adalah salah satu cara untuk menyembunyikan siapa pemilik suatu domain, berbeda dengan domain tanpa private whois yang dengan mudah diketahui siapa pemilik domain tersebut dan data-datanya bisa dilihat oleh semua orang, seperti email, telp, alamat dll.

Cara Mengetahui Siapa Pemilik Domain

Suatu domain yang tidak menggunakan private whois maka dengan mudah diketahui siapa pemiliknya, dengan menggunakan beberapa situs untuk cek whois seperti:
  • who.is
    Jika domain anda memiliki private whois seperti domain saya maka, orang yang mencoba mencari tahu siapa saya akan sedikit kesulitan karena data pemilik domain tidak akan ditampilkan, lihat gambar dibawah ini:
    Whois Lookup
    Whois Lookup
  • whois.domaintools
    Situs ini memiliki fungsi yang sama dengan who.is, cuma perbedaanya whois.domaintools memiliki beberapa fitur lain seperti Registrar History, NS History (Sudah berapa kali ganti DNS) dll.
    whois.domaintools
    whois.domaintools
    Mencari Tahu Pemilik Domain
    Mencari Tahu Pemilik Domain
    Karena domain saya menggunakan private whois maka pada gambar diatas tidak tampak siapa nama pemilik domain beserta data lain seperti email, telp, negara dll.

Perlukah Menggunakan Pivate Whois

Tidak ada keharusan anda memiliki domain beserta private whois, tapi saya lebih pilih membeli domain beserta private whois, terutama jika domain tersebut saya gunakan untuk mencari uang online seperti menggunakan google adsense dll.

Dimana Tempat Sewa Domain Yang Memberikan Private Whois Gratis

Ada beberapa tempat untuk sewa domain yang memberikan free private whois diantaranya :
  • Netfirms
  • Name.com (tidak tahu untuk selamanya atau cuma tahun pertama & apakah berlaku untuk semua domain atau tidak karena waktu saya membeli 2 domain dengan ektension .com dan .org keduanya mendapat private whois gratis)
  • internetbs.net
Netfirms dan internetbs.net memberikan free private whois selamanya, seperti penjelasan mereka melalui email ketika saya tanya masalah whois, dan inilah sebagian jawaban mereka:
Our Private Whois service is offered for free for all extensions where the
corresponding Registry allows Registrars to provide such a service (and it is
free forever so we will not charge you for this next year).
The following Registries are not allowing Private Whois service: .eu, .be,
.fr, .re, .us, .tel, .it and .uk, however some of them offer an equivalent of
it at the Registry level, please keep reading for more details.
Jawaban dari internetbs.net
Your private information is protected by default and is free with the service forever.
Jawaban dari Netfirms
Note:
  • Tidak semua domain bisa mendapat private whois, seperti domain .us, .re dan .be
  • Di Netfirms domain .info tidak akan mendapat private whois karena memang tidak bisa (ga tau kenapa tapi saya memiliki 1 domain .info disana tanpa private whois)

Tempat Sewa Domain Gratis Private Whois

0 Response to "Tempat Sewa Domain Gratis Private Whois"

Post a Comment