Cara Mengetahui Adanya Duplikat Konten Blog


Cara Mengetahui Adanya Duplikat Konten Blog

Lintas InformatikaCara Mengetahui Adanya Duplikat Konten Blog  Kali ini saya akan berbagi sedikit saja mengenai materi Duplikat Konten pada blog kita. Sebagian dari kita yang kurang tahu mungkin bertanya apa saja dampak adanya duplikat konten??  Jika bicara soal dampak duplikat konten sih mulai dari dulu sebelum saya mulai ngeblog enggak begitu berpengaruh tapi dimulai di tahun 2013 ini, paling parahnya udah tak ada kata maaf lagi bagi blog yang mempunyai duplikat artikel atau konten. Duplikat konten bisa dibilang adalah hal terburuk yang bisa terjadi pada blog anda karena jika google telah menemukan duplikat konten dalam blog anda. Blog anda kemungkinan besar juga dapat dihapus dari mesin pencari atau peringkat serp blog anda dapat dijatuhkan untuk semua kata kunci yang ditargetkan.
No Duplicate Content

Notabenenya Google semakin saja cerdas, teliti, dan sensitif dari periode waktu ke waktu. Blog yang memilliki duplikat konten tersebut lebih ditekankan pada Google pada algoritma "Google Panda" dan masih bisa berkaitan dengan algoritma yang bisa dibilang baru "Google Dino" yang lebih menyukai fresh konten. Nah sesuai judul artikel kali ini saya hanya membantu caranya untuk menemukan duplikat konten atau artikel kita dengan blog lain atau milik kita sendiri. Walaupun tidak bisa mencegahnya namun setidaknya anda tahu ini.

5 Tools Gratis Untuk Mengecek Duplicate Content :
1. WebSeo Analytics
http://www.webseoanalytics.com/free/seo-tools/duplicate-content-checker.php
Tools yang cukup baik dalam menganalisa duplikat konten/artikel. Memasukan 2 blog sebagai tolak ukur perbandingan untuk mengetahui seberapa besar kesamaan konten/artikel dari satu blog dengan blog lainnya.

2. Duplichecker (http://www.duplichecker.com/)
Duplichecker adalah sebuah tools dengan performa baik. Cara menggukannya mudah, anda hanya perlu atau dapat  paste upload file tulisan .txt, langsung bisa klik search saja. Tools ini langsung saja bisa menampilkan blog/web yang memiliki kesamaan artikel. Tools yang cocok untuk memperhitungkan adanya kesamaan artikel sebelum dapat dipublish (pengindekan halaman melalui Google.com)

3. Plagium (http://www.plagium.com/)
Tools ini mampu menyisipkan sebuah artikel dengan jumlah maksimal 25.000 karakter untuk free membership. Untuk premium membership ditawarkan $1 untuk 60.000 karakter (kurang lebih dalam 12 pencarian), dan untuk $10 anda bisa mendapatkan 1.000.000 karakter (kurang lebih dalam 250 pencarian). Sistem cara kerjanya hampir sama dengan Duplichecker.

4. Plagiarisma (http://plagiarisma.net/)
Tools bisa dibilang unggul dalam performanya karena memiliki 3 pilihan (option) untuk memungkinkan anda dalam mendeteksi masalah duplikat konten. Disini anda dapat mencari denagn paste seluruh text, URL, dan mengupload file .txt ataupun .rtf. Selain itu tools ini sudah mendukung lebih dari 190 bahasa dengan hasil yang akurat.

5. Copyscape (http://www.copyscape.com/)
Tools rekomendasi yang bisa dibilang terbaik dari kelima tools di atas. Cara keja alat yaitu akan mencari semua file pdf, situs internet, blog, forum dll dan menemukan lokasi dengan link dari mana artikel yang disalin. Alat ini gratis, tetapi dalam paket gratis Anda hanya dapat mencari artikel yang sudah dipublikasikan melalui link. Jika Anda ingin memeriksa artikel dipublikasikan maka Anda perlu membeli kredit. 1 kredit dikenakan biaya untuk mendeteksi sebuah artikel yang memiliki maksimum 2000 kata. Anda dapat membeli 200 kredit untuk hanya $ 10 ($ 0,05 per kredit).

Cara Mengetahui Adanya Duplikat Konten Blog

2 Responses to "Cara Mengetahui Adanya Duplikat Konten Blog"