Pengertian Web Hosting dan Domain Lengkap


Pengertian Web Hosting dan Domain Lengkap

Lintas Informatika - Pengertian Web Hosting dan Domain Lengkap akan saya uraikan secara singkat namun lengkap dan mudah dipahami buat sobat yang belum memahaminya, bagi sebagian orang mungkin artikel ini hanya artikel ringan yang mungkin tidak patut dibaca, namun bagi para blogger pemula hal ini sangatlah penting, seperti halnya pengalaman dahulu yang tidak mengerti pada apa sih arti sebuah web hosting, apa sih pengertian domain hingga saya butuh lama untuk mengerti itu semua, tak kenal makanya tak sayang sebelum anda pelajari lebih lanjut ada baiknya anda faham dahulu, masalah praktek atau lainya belakangan saja, itu pikir saya dahulu, karena memang sangat masih awam di dunia website, jangankan membuat website dengan self host, membuat blog dengan subdomain dari blogspotpun masih sangat kesulitan, namun sekarang setelah paham maka akan sangat mudah, nah langsung saja ke topik bahasan yaitu pengertian web hosting dan domain lengkap, silahkan baca dibawah ini.
pengertian web hosting

Pengertian web hosting

Sebelum mengenal web hosting anda harus paham dahulu dengan hosting, Hosting berasal dari kata host yang jika pada komputer, host artinya lokasi penyimpanan. Nah, sekarang kita mengambil kesimpulan saja apa arti web hosting itu, web hosting adalah lokasi penyimpanan file di web atau internet dan file tersebut adalah khusus untuk file-file website atau katakanlah file tersebut merupakan organ-organ tubuh website yang dikendalikan oleh server yang dikelola oleh individu atau suatu organisasi/perusahaan tertentu yang bertanggung jawab untuk menjadikan setiap website yang terkoneksi ke dalam jaringannya agar selalu online dengan bantuan komputer yang terkoneksi ke jaringan internet berkecepatan tinggi.

Pengertian Domain atau domain name

Sama halnya yang ada di wikipediapengertian domain atau domain name adalah nama unik yang mewakili suatu alamat website sebagai identitas alamat website tersebut. Domain Name atau Nama Domain tersebut selalu terletak setelah tanda “http://” dan biasanya nama domain setelah tanda tersebut ada yang di awali dengan tanda “www.” dan ada yang tanpa “www.” dan kemudian berakhiran extension seperti; .com, .id, .web.id, dan lain-lain sebagai alamat website. sebenarnya Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. jadi sebenarnya domain itu adalah nama untuk mewakili IP tersebut, sedangkan untuk melihat IP sebuah website anda bisa dengan mudah menemukanya melalai CMD, silahkan ping website yang anda ingin ketahui IP-nya maka akan terlihat jelas disitu.

Cara memiliki hosting serta domain

Setelah faham pengertian hosting serta domain lalu bagaimana cara agar kita memiliki web hosting sendiri atau nama domain milik kita sendiri? nah sebenarnya banyak cara untuk mendapatkannya, pada umumnya hosting serta domain biasaya berbayar, namun jika sobat ingin memiliki hosting tanpa mengeluarkan uang samasekali maka silahkan coba hosting gratis saja dulu karena banyak juga web hosting yang memberikan layanan hostingnya secara cuma-cuma, baik hosting gratis luar negeri maupun dari Indonesia, jika ingin coba web hosting gratis dari indonesia silahkan anda baca artikel batempo dahulu tentang beberapa webhosting gratis, klik disini untuk melihat listnya. namun jika anda berduit saya anjurkan anda beli hosting yang berbayar saja, karena tentu pelayanan akan lebih optimal.
Demikian sekilas artikel tentang pengertian web hosting serta domain yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat, dan jika anda kesulitan untuk membuat website sendiri batempo juga memberikan jasa pembuatan website murah, silahkan baca disini untuk lebih lengkapnya.

Pengertian Web Hosting dan Domain Lengkap

0 Response to "Pengertian Web Hosting dan Domain Lengkap"

Post a Comment